Meningkatkan Perbendaharaan kosa kata melalui media permainan scrabble bagi siswa tunagrahita ringan

Putri, Renty Dian (2020) Meningkatkan Perbendaharaan kosa kata melalui media permainan scrabble bagi siswa tunagrahita ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RENTY_DIAN_PUTRI_15003066_1304_2020.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VI di SLB Negeri 1 Padang yang mana dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu mengenal kosa kata benda, guru telah mengajarkan dengan menggunakan gambar tetapi siswa masih mengalami kesulitan dalam menyebutkan dan mengingat nama benda tersebut karena hanya mengandalkan gambar saja. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat proses dan membuktikan bahwa media permainan scrabble dapat meningkatkan kosa kata siswa tunagrahita ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian yaitu dua orang siswa tunarungu kelas VI. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan sehingga hasil yang diperoleh siswa sudah meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal siswa yang mulanya masih rendah yaitu 30% dan 40%, setelah dilaksanakan siklus I menjadi 54% dan dilanjukkan dengan siklus I meningkat menjadi 80% dan 84%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaaran melalui media permainan scrabble dapat meningkatkan kosa kata siswa tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:40
Last Modified: 22 Feb 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30086

Actions (login required)

View Item View Item