Identifikasi Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang Menggunakan Multiple Choice Tes Diagnostik Four-Tier

Ramadani, Reva (2020) Identifikasi Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang Menggunakan Multiple Choice Tes Diagnostik Four-Tier. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_REVA_RAMADANI_16031025_2240_2020.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk lebih mudah memahami dan menyelesaikan persoalan baik yang terkait dengan konsep biologi maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Diantara materi biologi yang konsepnya sulit dipahami o leh peserta didik yaitu sistem peredaran darah manusia, karena memuat banyak mekanisme dan proses yang bersifat abstrak, sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar peserta didik. Maka dari itu perlu dilakukannya identifikasi pemahaman konsep untuk materi sistem peredaran darah manusia menggunakan Four-Tier Multiple Choice untuk mengetahui peserta didik yang tergolong paham, tidak paham, miskonsepsi, dan eror. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMPN 29 Padang pada materi sistem peredaran darah manusia. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang dengan jumlah 66 orang. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test. Data penelitian di analisis kemudian disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang pada materi sistem peredaran darah manusia, adalah sebagai berikut; a. paham konsep (tertinggi terdapat pada indikator komponen penyusun darah manusia sebesar 29,34% dengan kriteria rendah), b. tidak paham konsep (tertinggi terdapat pada indikator kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah manusia sebesar 18,18% dengan kriteria sangat rendah), c. miskonsepsi (tertinggi terdapat pada indikator karakteristik golongan darah A, B, AB, dan O sebesar 58,59% dengan kriteria sedang), dan d. eror (tertinggi terdapat pada indikator mekanisme peredaran darah manusia sebesar 27,27% dengan kriteria rendah). Dapat disimpulkan bahwa peserta didik lebih banyak mengalami miskonsepsi daripada paham konsep, tidak paham konsep, dan eror.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:36
Last Modified: 18 Feb 2021 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30056

Actions (login required)

View Item View Item