Ladiwardana, Renzovi (2020) Pengembangan Komik sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Ekologi untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_03_RENZOVI_LADIWARDANA_16031113_2477_2020.pdf Download (524kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan terencana yang dilakukan oleh manusia sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup dalam berbagai konteks berbasis pengetahuan melalui kegiatan interaktif sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan interaktif tersebut perlu dilengkapi dengan media pembelajaran sebagai pendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana cara mengembangkan komik sebagai suplemen bahan ajar pada materi ekologi untuk peserta didik kelas X SMA/MA, 2) mengetahui tingkat kevalidan komik sebagai suplemen bahan ajar pada materi ekologi untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase). Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap pengembangan komik divalidasi oleh dua validator. Hasil uji validitas diperoleh nilai rata-rata 91,30% semua aspek adalah dengan kategori sangat valid. Jabaran validitas tersebut dinilai berdasarkan kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan kesimpulan dari penelitian yang telah disimpulkan adalah pengembangan komik sebagai suplemen bahan ajar pada materi ekologi untuk peserta didik kelas X SMA/MA memenuhi kategori sangat valid sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 04:35 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 04:35 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30042 |
Actions (login required)
View Item |