Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Berbantuan Media Questions Box terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik

Anelsya, Mutiara (2020) Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Berbantuan Media Questions Box terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUTIARA_ANELSYA_16031015_2711_2020.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik di kelas XI IPA SMAN 2 Solok saat proses pembelajaran berlangsung dimana aktivitas peserta didik masih berpusat pada guru sehingga peserta didik tidak aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside-Outside Circle berbantuan media Questions Box terhadap aktivitas belajar peserta didik berdasarkan studi literatur. Jenis penelitian ini adalah ex postfacto. Populasi dalam penelitian ini ialah semua artikel yang terdapat pada jurnal yang terindeks minimal SINTA 4. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis data kualitatif berupa penjelasan-penjelasan dari artikel. Berdasarkan hasil dari studi literatur yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inside-Outside Circle untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan hasil belajar, serta penggunaan media Questions Box dapat membuat peserta didik tertarik terhadap pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Inside-Outside Circle berbantuan media Questions Box terhadap aktivitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:52
Last Modified: 15 Feb 2021 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29982

Actions (login required)

View Item View Item