Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Faktor dan Kelipatan di Kelas IV SDN Gugus III Koto Tangah

Fadhillah, Zatiyah Ulfa (2021) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Faktor dan Kelipatan di Kelas IV SDN Gugus III Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ZATIYAH ULFA FADHILLAH_16129441_4271_2020.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh guru belum pernah menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) serta rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar faktor dan kelipatan di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan teknik purposive sampling dengan sampel siswa kelas IV SDN 01 Koto Tangah sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas IV SDN 02 Koto Tangah sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Data hasil belajar faktor dan kelipatan dikumpulkan dengan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan data penelitian yang digunakan adalah uji-t yang didahului dengan uji prasyarat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dinyatakan kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung 8,44 sedangkan t tabel pada taraf signifikan α 0,05 adalah 1,68, sehingga t hitung > t tabel .. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan begitu terbukti bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berpengaruh positif terhadap hasil belajar faktor dan kelipatan di kelas IV SD Gugus III Koto Tangah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:51
Last Modified: 15 Feb 2021 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29976

Actions (login required)

View Item View Item