Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Financial Knowledge Siswa Kelas X Sma N 2 Lubuk Basung. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Safitri, Rahma Dila (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Financial Knowledge Siswa Kelas X Sma N 2 Lubuk Basung. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAHMA_DILA_SAFITRI_16053079_4232_2021.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap tingkat financial knowledgesiswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Lubuk Basung pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis Penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain kuasi eksperimen yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fillecya (Financial literacy) Board. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA N 2 Lubuk Basung tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari hasil pretest dan posttestmengenai financial knowledge. Jenis data adalah data sekunder dan primer, teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, normal gain, dan uji t terhadap kedua sampel menggunakan aplikasi SPSS 21. Pada kelas eksperimen nilai tingkat financial knowledgesiswa adalah 81,97 dan kenaikan nilai rata-rata tingkat financial knowledge. sebesar 25,44 dengan N gain sebesar 0,57 (kategori sedang). Pada kelas kontrol nilai tingkat literasi keuangan siswa adalah 68,83 dan kenaikan nilai rata-rata tingkat litrasi keuangan sebesar 21,60 dengan N gain sebesar 0,40 (kategori sedang). Berdasarkan uji t menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05, berarti dapat disimpulkan media pembelajaran Fillecya Board berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:45
Last Modified: 15 Feb 2021 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29972

Actions (login required)

View Item View Item