Kajian Teknis Geometri Jalan Angkut Batubara Untuk Mencapai Target Produksi Pada Lokasi Jalan Menuju Pelabuhan Khusus Milik Pt. Baturona Adimulya

Syukra, Febrian (2020) Kajian Teknis Geometri Jalan Angkut Batubara Untuk Mencapai Target Produksi Pada Lokasi Jalan Menuju Pelabuhan Khusus Milik Pt. Baturona Adimulya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
11_A_FEBRIAN_SYUKRA_1209515_1625_2020.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Pengangkutan batubara menjadi hal yang penting dalam hal pencapaian target produksi batubara. Kondisi geometri j alan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan pengangkutan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian teknis geometri jalan angkut batubara dari jalan Lintas Sumatera Jambi­ Palembang menuju pelabuhan khusus milik PT Baturona Adimulya untuk mencapai target produksi batubara. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder yang dibutuhkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa geometrijalan tambang masih perlu dilakukan perbaikan pada segmen tertentu. Kondisi aktual lebar jalan segmen B­C (tikungan) dan segmen E­F (lurus) selebar 10,6 m dan 8,5 meter belum ideal, sehingga perlu penambahan lebar jalan masing­masingnya secara berurutan selebar 0,7 meter dan 0,5 meter. Kemiringan aktual jalan pada semua segmen sudah ideal. Aktual superelevasi segmen F-G senilai 0,29 m termasuk belum ideal, sehingga elevasi luar tikungan perlu ditambahkan sebesar 0, 15 meter. Aktual cross slope, segmen A­ B dan E­F secara berurutan 10 cm dan 15 cm belum ideal, sehingga perlu penambahan tinggi pada tengah jalan masing­masing segmen setinggi 8 cm dan 3 cm. Produksi alat angkut sebelum perbaikan adalah 56.2948,98 ton dan setelah dilakukan perbaikan geometrijalan adalah 60.144,92 ton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:00
Last Modified: 11 Feb 2021 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29951

Actions (login required)

View Item View Item