Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik

Fitri, Iis Sholehati (2020) Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_IIS_SHOLEHATI_FITRI_16031095_2476_2020 .pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis untuk mencari jawaban dan menemukan jawaban sendiri dari suatu masalah yang dipertanyakan. Pada tahap inkuiri terbimbing ini, guru mengajukan permasalahan kemudian peserta didik dibimbing untuk menemukan cara terbaik dalam memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik berdasarkan studi literatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh artikel jumal yang terindeks minimal SINTA 4 yang relevan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Diperoleh 5 artikel jumal yang relevan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari artikel jumal yang terindeks minimal SINTA 4. Analisis data pada penelitian ini merupakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kompetensi belajar peserta didik, baik kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:58
Last Modified: 11 Feb 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29934

Actions (login required)

View Item View Item