Meta Analisis Pengaruh CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika dan IPA

Ikhlas, De Falah (2020) Meta Analisis Pengaruh CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika dan IPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DE_FALAH_IKHLAS_16033082_3326_2020.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Saat ini pembelajaran di sekolah dituntut untuk mampu menyesuaikan dengan keadaan zaman dimana dalam kurikulum 2013 guru diharapkan mampu menggunakan media berbasis ICT dan sumber belajar yang beragam dan sesuai untuk pembelaj aran fisika. Media yang digunakan haruslah sesuai dengan konteks sehari-hari. Media yang dapat dipilih oleh guru antara lain lingkungan, power point, video, simulasi interaktif, benda yang sebenamya, model, dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran efek ( effect size) penggunaan media yaitu alat peraga, LKS, modul, bahan ajar, E-modul, dan video berbasis contextual teaching and learning berdasarkan empat kategori. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian meta-analisis dari beberapa jumal yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir. Dimana sampel penelitian yang digunakan terdiri dari 12 jumal nasional dan 3 jumal intemasional. Jumal yang dipilih merupakan jumal dengan data yang bisa diolah untuk menghitung besamya effect size pada penggunaan media CTL yang kemudian dikelompokkan menjadi 4 indikator yaitu indikator jenjang pendidikan, media pembelajaran, kemampuan siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa (1) pada indikator jenjang pendidikan, penggunaan media berbasis CTL memiliki efek paling tinggi di jenjang SMP sebesar 1,31. (2) pada indikator media nilai efek tertinggi yaitu penggunaan e-modul sebesar 3 .44 (3) pada indikator kemampuan siswa effect size tertinggi yaitu pada keterampilan proses sains sebesar 1,3 8(4) indikator hasil belajar pada aspek keterampilan memiliki efek paling tinggi sebesar 1,20. hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis CTL memiliki efek yang baik terhadap hasil belajar siswa dari 4 indikator tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:32
Last Modified: 08 Feb 2021 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29843

Actions (login required)

View Item View Item