Analisis Kebutuhan Buku Teks Pelajaran Fisika Ditinjau dari Kompleksitas Dimensi Pengetahuan menurut Taksonomi Bloom Revisi pada Materi Hukum Newton tentang Gerak di SMAN Kota Padang

Darsima, Darsima (2020) Analisis Kebutuhan Buku Teks Pelajaran Fisika Ditinjau dari Kompleksitas Dimensi Pengetahuan menurut Taksonomi Bloom Revisi pada Materi Hukum Newton tentang Gerak di SMAN Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DARSIMA_16033009_3775_2020.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Standar kompetensi lulusan peserta didik menutut peserta didik hams memiliki pengetahuan yang kompleks yaitu terpenuhinya kebutuhan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam disiplin ilmu pengetahuan. Dimensi pengetahuan tersebut merujuk pada taksonomi Bloom revisi yang dikemukakan oleh Anderson dan Krathwohl 2001. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah "Apakah buku teks pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Fisika telah memenuhi dimensi pengetahuan tersebut?". Maka akan dilakukan penelitian Analisis Kebutuhan Buku Teks Pelajaran Fisika Ditinjau Dari Kompleksitas Dimensi Pengetahuan Menurut Taksonomi Bloom Revisi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di SMAN Kota Padang. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui komposisi ketersediaan kompleksitas dimensi pengetahuan yang terdapat pada buku teks pelajaran Fisika yang digunakan di sekolah pada materi hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan eksploratif. Penelitian deskriptif eksploratif bertujuan untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena tertentu dan menggambarkan apa adanya variabel, gejala, atau keadaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks pelajaran Fisika SMA/MA Negeri kelas X yang digunakan di Kota Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratifiaed Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran utama Fisika SMA/MA Negeri kelas X materi hukum Newton tentang gerak. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen ketersediaan dimensi pengetahuan berdasarkan analisis kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan dimensi pengetahuan pada buku teks pelajaran Fisika SMA/MA kelas X materi hukum Newton tentang gerak yang dianalisis belum seimbang. Persentase pengetahuan faktual 65% dengan kategori baik, pengetahuan konseptual 87% dengan kategori sangat baik, pengetahuan prosedural 36% dengan kategori kurang baik, dan pengetahuan metakognitif 25% dengan kategori tidak baik. Berdasarkan hasil ketersediaan dimensi pengetahuan yang dianalisis ditemukanlah karakteristik buku teks pelajaran yang diperlukan untuk pembelajaran Fisika pada materi hukum Newton tentang gerak yaitu buku teks pelajaran yang membahas dimensi pengetahuan secara seimbang, menyeluruh, dan saling komplemen satu sama lain sehingga pengetahuan yang dimiliki peserta didik kompleks/lengkap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:31
Last Modified: 08 Feb 2021 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29842

Actions (login required)

View Item View Item