lmplementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Produk Kreativitas Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bukittinggi

Utama, Andri (2020) lmplementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Produk Kreativitas Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_ANDRI_UTAMA_15067027_1709_2020.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang diperlukan setiap manusia agar dapat mengembangkan kemampuan, bakat dan potensi yang dimiliki didalam dirinya. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan.Pengembangan metode pembelajaran yang baik dapat membuat siswa lebih giat dan aktif dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satunya pada mata diklat PKK di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk peningkatan hasil belajar pada mata diklat produk kreativitas kewirausahaan Teknik Las Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dalam bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Basil penelitain ini didapatkan peningkatan aktivitas belajar dan basil belajar antara siklus I, siklus II dan siklus III.Pada siklus I aktivitas belajar mencapai 67,04%, pada siklus II aktivitas belajar mencapai 78,39% dan pada siklus III aktivitas belajar mencapai 85,79%. Sementara pada basil belajar siswa yang telah dilakukan Pada siklus I memiliki ketuntasan klasikal mencapai 24,00%, pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 53,84% dan pada siklus III ketuntasan klasikal mencapai 92,30%. Sementara nilai rata­ rata siswa pada siklus I mencapai 66,18, pada siklus II meningkat menjadi 74,72 dan pada siklus III meningkat menjadi 82,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran Project Based Learning efektif dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Feb 2021 03:25
Last Modified: 05 Feb 2021 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29811

Actions (login required)

View Item View Item