Hubungan Antara Kelincahan dan Keseimbangan terhadap Keterampilan Dribbling Pemain Futsal SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Wijaya, Pangestu Hadi (2020) Hubungan Antara Kelincahan dan Keseimbangan terhadap Keterampilan Dribbling Pemain Futsal SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_PANGESTU_HADI_WIJAYA_16086383_3465_2020.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya prestasi tim Futsal SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kelincahan dan keseimbangan terhadap keterampilan dribbling pemain Futsal SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di lapangan ASC Futsal di blok b sitiung 1 Kabupaten dharmasraya pada 12 Oktober 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain Futsal SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 15 orang pemain. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel jenuh, maka sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 orang pemain. Instrument dalam penelitian ini adalah: 1) Zig-zag run test untuk mengkur kelincahan, 2) stork stand test untuk mengukur keseimbangan, dan 3) keterampilan dribbling menggunakan tes menggiring bola. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tidak Terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan kemampuan menggiring bola pemain Futsal SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, dengan perolehan (th = 0,54 >tt = 0,177). 2) Tidak Terdapat hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan kemampuan menggiring bola pemain Futsal SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, dengan perolehan (th = 0,05 > tt = 0,177). 3) Tidak Terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan dan keseimbangan secara bersama-sama dengan kemampuan menggiring bola pemain Futsal SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, dengan perolehan (Fh= 0,15 > Ft= 3,88)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:57
Last Modified: 02 Feb 2021 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29709

Actions (login required)

View Item View Item