Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari dengan Menggunakan Metode Discovery di SMP Negeri 3 Padang

Putri, Retina Adeka (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari dengan Menggunakan Metode Discovery di SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_REFINA ADEKA PUTRI_16023075_3628_2020.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penelitian mt bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan peningkatan basil belajar siswa dengan menggunakan Metode Discovery dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini akan dilakukan 2 siklus, siklus I dilakukan 3 kali pertemuan dan siklus II dilakukan 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan (kognitif) dan tes keterampilan (psikomotor). Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi (pengamatan), tes hasil belajar (tes untuk kerja) dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery O dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari di kelas VIII.3 SMP Negeri 3 Padang dapat meningkatkan hasil belajar dan terlibat langsung dalam pembelajaran khususnya pembelajaran praktek tari. Dengan media juga dapat menghindari kejenuban pada siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, dapat menumbuhkan kreativitas siswa, dan pembelajaran lebih menyenangkan karena melibatkan media pembelajaran yang digunakan guru. Hal ini terbukti dengan adanya basil belajar siswa kelas VIII.3 pada siklus I basil belajar siswa keseluruhan psikomotor dan kognitif adalah 57,74 dan pada siklus II basil belajar siswa keseluruban psikomotor dan kognitf adalah 87,58 jadi telah ada peningkatan basil belajar seni tari dengan menggunakan metode discovery dan target yang ingin dicapai telah berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:52
Last Modified: 29 Jan 2021 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29692

Actions (login required)

View Item View Item