Perbandingan Kompetensi Siswa Menggunakan Buku Edupark Fisika Mifan Water Park Padang Panjang dengan Buku Ajar di Sekolah Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang

Syamina, Syamina (2021) Perbandingan Kompetensi Siswa Menggunakan Buku Edupark Fisika Mifan Water Park Padang Panjang dengan Buku Ajar di Sekolah Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SYAMINA_16033043_879_2020.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika pada kurikulum 2013 memuat tiga aspek kompetensi, yakni kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Keterampilan tersebut harus diwujudkan secara optimal pada bangku pendidikan untuk mempersiapkan generasi muda di masa mendatang. Namun pada kenyataannya standar kompetensi lulusan siswa untuk ketiga aspek kompetensi tersebut masih rendah. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya standar kompetensi lulusan siswa, salah satunya yaitu sumber belajar berupa buku ajar yang tersedia belum optimal. Salah satu solusi yang ditawarkan yaitu pengembangan buku edupark fisika. Buku ini merupakan salah satu keterbaruan produk dalam upaya peningkatan kompetensi siswa karena memuat materi yang dekat dengan kehidupan siswa, yaitu wahana permainan MiFan Water Park Padang Panjang yang dilengkapi dengan lab edupark serta memuat nilai karakter di dalamnya. Dengan adanya buku ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi siswa secara menyeluruh, yaitu meliputi kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti pencapaian kompetensi siswa antara yang menerapkan buku edupark fisika dengan yang menerapkan buku ajar di sekolah. Penelitian ini dilakukan pada Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang Tahun Ajaran 2019/2020 semester ganjil pada materi fluida. Sampel pada penelitian adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 menerapkan buku edupark fisika, sedangkan kelas eskperimen 2 menerapkan buku ajar di sekolah. Instrumen penelitian berupa lembar soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap untuk kompetensi sikap, dan lembar penilaian unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Pada taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai thitung pada kompetensi pengetahuan sebesar 3,7394 , kompetensi sikap sebesar 1,998 dan kompetensi keterampilan sebesar 4,947. Kriteria penerimaan Ho jika -to-112a) < t< to-112 a). Berdasarkan nilai thitung yang telah didapat diketahui bahwa nilai thitung berada pada daerah penolakan Ho atau Hi diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti terhadap pencapaian kompetensi fisika siswa dari aspek kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan antara penerapan buku Edupark Fisika MiFan Water Park Padang Panjang dengan buku ajar yang digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:22
Last Modified: 05 Apr 2021 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29663

Actions (login required)

View Item View Item