Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Safitri, Yuni (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YUNI_SAFITRI_1305630_775_2020.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan yang harus tercapai oleh peserta didik dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan observasi diperoleh fakta bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah peserta didik kurang berpartisipasi terhadap pembelajaran matematika yang dianggap sulit dan membosankan. Untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik maka diperlukan suatu strategi pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat memotivasi serta melibatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan menggunakan penarikan sampel acak sederhana maka sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir pemahaman konsep berupa soal essay. Analisis data digunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir pemahaman konsep matematika peserta didik, dengan menggunakan uji-t diperoleh p-value = 0,019, karena p- value < 0.05 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep Matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatiftipe NHT lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:41
Last Modified: 05 Apr 2021 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29626

Actions (login required)

View Item View Item