Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning TerhadapBasil Belajar

Putri N, Fadila (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning TerhadapBasil Belajar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_FADILA_PUTRI_N_15065042_509_2020.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan model pembelajaran Project-Based Learning terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang. Penelitian menggunakan metode quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian siswa XTAV2 (kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning dan XTAVl (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Diperoleh data penelitian nilai mean ranah kognitif kelas eksperimen 85 dan kontrol 76,5. Sedangkan data penelitian nilai mean ranah psikomotor kelas eksperimen 83,75 dan kelas kontrol 72,94. Hasil uji hipotesis ranah kognitif thitung=2.08 dan t1abe1=2.042 sedangkan ranah psikomotor thitung=2.24 dan t1abe1=2.042,karena thitung>ttabel sehinggal Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai mean ranah kognitif dan psikomotor terdapat perbandingan nilai kelas kontrol dan eksperimen sebesar 8.5 dan 10.81. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Project-Based Learning terhadap hasil belajar Kerja Bengkel dan Gambar Teknik siswa SMK Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:28
Last Modified: 26 Jan 2021 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29581

Actions (login required)

View Item View Item