Studi Tingkat Disiplin Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA Pertiwi 1 Padang

Saputra, Anggi (2020) Studi Tingkat Disiplin Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ANGGI_SAPUTRA_1207022_3816_2020.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah peneliti lakukan memperlihatkan bahwa disiplin yang dimiliki oleh peserta didik di SMA Pertiwi 1 Padang masih rendah. Hal ini dapat dilihat ketika jam pelajaran PJOK berlangsung, masih terdapat peserta didik yang tidak mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh guru PJOK. Sebagai salah satu contoh, masih ada peserta didik yang terlambat datang untuk mengikuti proses pembelajaran PJOK. Tentu saja ini bukanlah hal yang baik, mengingat sekolah salah satu wadah untuk membentuk sikap disiplin pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggungkapkan disiplin belajar yang dimiliki oleh peserta didik di SMA Pertiwi 1 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik yang berjumlah 659 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling pada peserta didik kelas XI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang terdiri dari 24 item pertanyaan. Data dianalis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa disiplin belajar yang dimiliki oleh peserta didik di SMA Pertiwi 1 Padang berada pada klasifikasi “Sangat Baik” dengan persentase 82%. Hasil penelitian ini memang berbeda dengan hasil observasi yang peneliti lakukan. Kejadian seperti ini biasa saja terjadi di lapangan karena sebelumnya yang peneliti lakukan adalah observasi dan mengamati apa yang terjadi di lapangan. Maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar yang dimiliki oleh peserta didik di SMA Pertiwi 1 Padang tidak perlu dikhawatirkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:28
Last Modified: 26 Jan 2021 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29574

Actions (login required)

View Item View Item