Penggunaan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil . Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SDN 07 Lubuk Alung

Wati, Widya (2020) Penggunaan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil . Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SDN 07 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WIDYA_WATI_4210_2020.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 07 Lubuk Alung baik dari aspek guru maupun dari aspek siswa. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas III SDN 07 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan dari setiap tindakan perbaikan dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas III SDN 07 Lubuk Alung. Setiap data yang diperoleh dikumpulkan menggunakan pendekatan saitifik. Data tersebut berkaitan tentang hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru, dan siswa kelas III yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II, siklus II pertemuan I. Hasil pengamatan RPP siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata 77,77% (B), meningkat pada pertemuan II menjadi 83,3% (B), kemudian meningkat menjadi 91,66% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru siklus I pertemuan I rmemperoleh rata-rata 75% (B), meningkat pada pertemuan II menjadi 85,71% (B), kemudian meningkat menjadi 96,42% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek siswa siklus I pertemuan I rmemperoleh rata-rata 75% (C), meningkat dipertemuan II menjadi 82,14%(B), kemudian meningkat menjadi 92,85% (SB) disiklus II. Hasil belajar siswa mencangkup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siklus I pertemuan I dan II, dan siklus II memperoleh 70,60, 78,95, 88,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 07 Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:05
Last Modified: 22 Jan 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29480

Actions (login required)

View Item View Item