Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Pada Kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang

Aini, Quratul (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Pada Kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_QURATUL_AINI_16129379_4066_2020.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran Tematik Terpadu dibandingkan siswa sehingga siswa menjadi pasif, siswa kurang antusias dalam pembelajaran. serta guru juga masih terpaku pada model pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi tidak aktif, dan suasana kelas tidak menyenangkan, Kurangnya proses tanya jawab dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif dalam mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan guru sehingga kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah.Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Tematik dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay di kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada a) RPP siklus I 83,32% (baik) dan siklus II 97,22% (sangat baik). b) Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I 80% (baik) dan siklus II 97,5% (sangat baik), sedangkan dari aspek siswa siklus I adalah 77,5% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 97,5% (sangat baik). c) Hasil belajar siswa siklus I 71,63, meningkat pada siklus II yaitu 82,22 .Dengan demikian model Cooperative Learning tipe Course Review Horay telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:03
Last Modified: 20 Jan 2021 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item View Item