Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Murni Padang.

Nugraha, Muktadil Arya (2020) Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Murni Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUKTADIL_ARYA_NUGRAHA_15004012_3361_2020.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mendeskripsikan perilaku siswa SMA Murni Padang dalam menerapkan pendidikan karakter. b) Mengetahui berbagai hambatan yang dihadapi sekolah dan solusi yang diupayakan sekolah dalam proses implementasi pendidikan karakter di SMA Murni Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel penelitian berjumlah 119 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang berarti pengambilan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Dengan mengggunakan aspek-aspek nilai pendidikan karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil angket sebagian besar siswa menunjukkan nilai religius “cukup” (58,8%), nilai nasionalis “cukup” (68,1%), nilai mandiri “cukup” (67,2%), nilai gotong-royong “cukup” (58,0%), dan nilai integritas “cukup” (75,6%). Dari kelima nilai karakter tersebut, nilai religius dan nilai gotong-royong merupakan nilai dengan persentase paling rendah yakni masing-masing pada persentase 58,8% dan 58,0%, untuk itu diperlukan upaya dan komitmen sekolah dalam meningkatkan nilai religius dan juga nilai gotong royong di SMA Murni Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan solusi untuk meningkatkan nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas dengan 1) Meningkatkan komitmen dengan memberikan himbauan dan menciptakan kebersamaan antar guru dan siswa agar mereka mau saling bekerja sama dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMA Murni Padang; 2) Saling menghimbau dan mengingatkan antara sesame rekan guru atau karyawan bila mereka melakukan kekeliruan serta memberikan pengertian bahwa mereka merupakan model bagi siswa; 3) Memberikan teguran pada siswa bila mereka melakukan pelanggaran tata tertib sekolah; 4) Memberikan penjelasan kepada orang tua tentang perkembangan prestasi belajar dan perilaku siswa saat penerimaan rapor oleh wali kelas. Hal tersebut bertujuan agar orang tua memberikan perhatian lebih terhadap perkembangan prestasi dan perilaku siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:22
Last Modified: 19 Jan 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29339

Actions (login required)

View Item View Item