Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar

Budianti, Indah (2020) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_INDAH_BUDIANTI_16129177_3817_2020.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan model konvensional yang masih digunakan guru dalam proses pembelajaran, kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran yang membuat peserta didik bosan dan kurang semangat dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dan desain penelitian quasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sample. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang dengan populasi sebanyak 74 orang. Perlakuan yang peneliti berikan kepada kelas eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh thitung > ttabel yakni 2,84 > 1,72 dengan α =0,05 yang berarti H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran, yakni pada kelas eksperimen 81,2 dan kelas kontrol 76,4. Sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN Gugus V Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:22
Last Modified: 18 Jan 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29325

Actions (login required)

View Item View Item