Self-Efficacy Akademik dilihat dari Motivasi Belajar Siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Amandha, Berliana (2020) Self-Efficacy Akademik dilihat dari Motivasi Belajar Siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_BERLIANA_AMANDHA_16006006_3417_2020.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah Efikasi diri (Self-efficacy) yaitu mengacu pada keyakinan akan suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk dapat memenuhi tuntutan terhadap situasi yang sedang dihadapi oleh individu. Keyakinan siswa terhadap kemampuannya sendiri dalam melaksanakan kegiatan belajar disebut dengan self-efficacy akademik. Penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan self-efficacy akademik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (2) mendeskripsikan self-efficacy akademik siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) mendeskripsikan perbedaan yang signifikan antara self-efficacy akademik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah pada kelas VII dan VIII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Sampel sebanyak 146 orang, dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket dengan model skala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan chi-square. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Self-efficacy akademik memiliki motivasi belajar tinggi di SMP Pembangunan Laboratorium UNP tergolong tinggi, self-efficacy akademik siswa memiliki motivasi belajar rendah di SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang tergolong rendah dan analisis chi-square mengungkapkan bahwa terdapat perbedaaan yang antara self-efficacy akademik tinggi dan rendah siswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:55
Last Modified: 14 Jan 2021 04:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item View Item