Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2019/2020.

Urahmi, Annisa (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANNISA_URAHMI_15029089_665_2020.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar. Diperlukan pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar. Namun pada penerapannya, proses pembelajaran yang diterapkan di SMAN 4 Padang masih belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Pembelajaran matematika di SMAN 4 Padang terpusat pada guru. Selain itu, aktivitas belajar peserta didik masih belum terlihat dalam pembelajaran. Salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik selama diterapkan model pembelajaran Discovery Learning, dan mendeskripsikan apakah hasil belajar matematika peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol di SMAN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitianStatic Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Dimana kelas XI MIPA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen, kelas XI MIP A 3 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar.Dari hasil analisis data Discovery Learning berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik, ini dibuktikan dengan diperoleh P-value = 0,04 kurang dari a = 0,05 karena P-value <a maka Ho ditolak, artinya hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Serta dari analisis data aktivitas belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learningcenderung meningkat pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:40
Last Modified: 05 Apr 2021 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29291

Actions (login required)

View Item View Item