Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan

Anisa Z, Anisa Z (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANISA_Z_16129160_4112_2020.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru dalam pembelajaran belum mendorong peserta didik untuk aktif dan partisipasi dalam melakukan penyelidikan mencari dan mengelolah informasi terkait yang topik yang akan dibahas. Hal ini disebabkan, guru dalam pembelajaran menjelaskan materi yang ada di buku siswa dan peserta didik hanya bisa mendengarkan tanpa harus bertanya ataupun memberikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi serta tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP siklus I rata-rata 89,4% (B) meningkat pada siklus II 96,4% (SB). Hasil pengamatan aspek guru siklus I rata rata 84,37% (B) meningkat siklus II 93,75% (SB). Hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 84,37 % (B) meningkat siklus II 93,75% (SB) Penilaian hasil belajar siklus I rata-rata 79,45 (B) meningkat pada siklus II 91 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 3 di kelas V SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:54
Last Modified: 14 Jan 2021 04:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29278

Actions (login required)

View Item View Item