Pengembangan E- Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP

Susanti, Pradila (2020) Pengembangan E- Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_PRADILA_SUSANTI_16004124_3478_2020.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Pengembangan e-book IPA merupakan upaya membantu guru dalam mengajar dan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa serta sebagai bahan belajar yang sesuai dengan kelayakan materi dan media. Penelitian bertujuan menghasilkan produk e-book pembelajaran sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kelayakan media, materi dan efektif pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Painan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dan Model Pengembangan ADDIE disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yang merujuk pada lima tahapan yaitu, (1) tahap analisis (analize) , (2) tahap desain (design), (3) tahap (pengembangan) development, (4) tahap penerapan (implementation), (5) dan tahap evaluasi (evaluation). Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yaitu satu orang validator materi dan dua orang validator media. Berdasarkan penilaian kelayakan dari validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi materi sebesar 4,8 dengan persentase 96% dikategorikan “sangat baik”, dan validitas dari media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,88 dengan persentase 97,6% dikategorikan “sangat baik” sedangkan validasi media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,94 dengan persentase 98,8% dikategorikan “sangat baik”.Berdasarkan hasil validitas dapat disimpulkan bahwa e-book yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam pembelajaran Mata Pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:44
Last Modified: 11 Jan 2021 04:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29266

Actions (login required)

View Item View Item