Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan penelaran matematis peserta didika kelas VIII SMPN 3 Pariaman

Widyaningsih, Eka (2021) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan penelaran matematis peserta didika kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EKA_WIDYANINGSIH_15029031_398_2020.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMPN 3 Pariaman dengan memberikan soal tes kemampuan penalaran matematis ditemukan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VIII 7 sebagai kelas eksperimen dan VIII 6 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan penalaran matematis. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf nyata a= 0,05 diperoleh P-value =0,008 dimana P-value<a maka tolak H0, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:40
Last Modified: 05 Apr 2021 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29252

Actions (login required)

View Item View Item