Pengembangan Modul Fisika BermuatanLiterasi Baru Materi Fluida untuk Meningkatkan Basil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 6 Padang

Pratama, Shintya Ruci (2021) Pengembangan Modul Fisika BermuatanLiterasi Baru Materi Fluida untuk Meningkatkan Basil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SHINTYA_RUCI_PRATAMA_16033118_598_2020.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

Abad 21 ditandai dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang berkembang pesat. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjawab tantangan abad 21. Tuntutan pembelajaran dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran berpusat pada siswa, mengintegrasikan literasi, dan memandirikan siswa dalam belajar. Kenyataan di sekolah integrasi literasi baru belum terlaksana dengan baik. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah penggunaan modul fisika bermuatan literasi baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari modul fisika bermuatan literasi baru. Jenis penelitian yang dilakukan termasukjenis Research and Development (R&D). Objek dari penelitian ini adalah Modul Fisika Bermuatan Literasi Baru Materi Fluida yang di uji coba terbatas pada kelas XI di SMA N 6 Padang. Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputi dosen Fisika FMIPA UNP sebagai validator, guru fisika di SMA N 6 Padang, dengan siswa kelas XI IPA 3 sebagai pengguna modul fisika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: lembar angket pada uji validitas, lembar angket pada kepraktisan, lembar tes hasil belajar, lembar observasi sikap siswa, dan lembar penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji perbandingan t berkorelasi. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, validitas modul fisika bermuatan literasi baru materi fluida berada pada kategori baik sekali dengan rata-rata nilai validitas 89,35. Kedua, penggunaan modul fisika bermuatan literasi baru dalam pendekatan saintifik berada pada kategori baik sekali dengan rata-rata nilai kepraktisan menurut guru dan siswa masing-masing adalah 80,48 dan 83,13. Disamping itu, penggunaan modul fisika bermuatan literasi baru adalah efektif dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Jadi, kesimpulan penelitian ini adalah kualitas dari modul fisika bermutan literasi baru pada materi fluida adalah baik sekali dalam validitas, kepraktisan, dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:17
Last Modified: 05 Apr 2021 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29245

Actions (login required)

View Item View Item