Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 11 Gadut

Septianingrum, Cyntia (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 11 Gadut. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_CYNTIA_SEPTIANINGRUM_16129165_3824_2020.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru atau teacher centered,guru masih kurang mengembangkan bahan ajar pada pembelajaran tersebut,siswa kurang memahami materi pelajaran karena penyajian materi pelajaran kurang menarik dan siswa sulit untuk fokus dan berkonsentrasi, dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik Terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tema 3 menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta siswa V SD Negeri 11 Gadut. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yaitu: a) hasil pengamatan RPP pada siklus I dengan rata-rata 76,13% (C) dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 88,63% (B) dengan kualifikasi Baik. b) hasil aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 78,75% (C) dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 85% (B) dengan kualifikasi baik. c) hasil aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rat 77,5% (C) dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 85% (B) dengan kualifikasi baik. d) penilaian hasil belajar siswa, pada siklus I rata-ratanya yaitu 75,09 lalu meningkat pada siklus II menjadi 87,00. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model kooperatif tipe Talkng Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Jan 2021 05:56
Last Modified: 07 Jan 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29218

Actions (login required)

View Item View Item