Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Berargumen Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Kota Padang

Syahrul, Syahrul and Asri, Yasnur (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Berargumen Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Kota Padang. Project Report. Fakultas Bahasa dan Seni UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_292_lapakh_HasilPenelitian-min.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis teks berargumen siswa kelas X SMA Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan proses pengembangan modul pembelajaran menulis teks berargumen berbasis problem based learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif; serta (2) untuk menghasilkan modul pembelajaran menulis teks berargumen berbasis problem based learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Kota Padang. Jenis penelitian adalah R & D (research & development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (define, design, develop, and dessiminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Kota Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, angket, lembar observasi, dan tes. Wawancara digunakan untuk analisis awal akhir. Angket digunakan untuk validasi instrumen, analisis siswa, uji validitas, uji praktikalitas, dan penyebaran modul. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas dan sikap siswa dalam mempelajari modul, serta tes digunakan untuk mengukur keefektifan modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif menggunakan statistik deskriptif untuk memeroleh data validitas, praktikalitas, dan efektifitas modul. Hasil penelitian ini ini menunjukan bahwa modul yang dihasilkan adalah valid. Hal itu dibuktikan dari hasil validitas. Validitas modul oleh pakar diperoleh berdasarkan nilai validitas modul kelayakan isi dengan nilai validitas 88,89% dengan kategori sangat valid. Nilai validitas modul kelayakan kebahasaan dengan nilai validitas 83,33% dengan kategori sangat valid. Nilai validitas modul kelayakan penyajian dengan nilai validitas 83,65% dengan kategori sangat valid. Nilai validitas modul kelayakan kegrafikaan dengan nilai validitas 77,78% dengan kategori valid. Nilai validasi modul secara keseluruhan adalah sebesar 83,41% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian, modul yang dikembangkan valid dan dapat diujicobakan untuk memeroleh nilai praktikalitas dan efektivitas. Modul pembelajaran yang valid diujicobakan di sekolah untuk memperoleh nilai praktikalitas (guru, siswa, dan aktivitas belajar) dan efektifitas (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) modul pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan berkategori sangat praktis dengan nilai praktikalitas (praktikalitas oleh guru dan praktikalitas oleh siswa) masing-masingnya sebesar 94,56% dan 82,48% dan aktivitas belajar siswa dengan nilai praktikalitas sebesar 90,92%. Terakhir, Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan berkategori sangat efektif dengan nilai 90,1.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:13
Last Modified: 06 Jan 2021 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29209

Actions (login required)

View Item View Item