Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering and Mathematics­ Project Based Learning) pada Materi Asam dan Basa

Islamiah, Syuhaibaitul (2021) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering and Mathematics­ Project Based Learning) pada Materi Asam dan Basa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SYUHAIBAITUL_ISLAMIAH_15035085_402_2020.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Adanya peserta didik yang berkualitas sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan dan persaingan global. Hal ini menuntut proses pembelajaran berfokus pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentu saja, kreativitas guru juga dituntut dalam mengelola pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan peserta didik. Salah satu upayanya yaitu dengan pembelajaran dengan pendekatan STEM yang dikolaborasikan dengan model PjBL. Pembelajaran terintegrasi STEM-PjBL ini dituangkan dalam bentuk bahan ajar berupa LKPD pada materi Asam dan Basa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering and Mathematics­Project Based Learning) pada Materi Asam dan Basa dan menentukan validitas dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan. LKPD ini menggunakan pendekatan STEM dan model pembelajaran PjBL dengan langkah yang terdiri dari penentuan proyek, perancangan proyek, penetapan j adwal, pelaksanaan proyek, penyusunan laporan dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari empat tahap: tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop, tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Instrumen penelitian adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Validitas dan kepraktisan data dianalisis menggunakan Cappa Cohen. Rata-rata Momen Kappa dari lima validator adalah 0,85 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Dan hasil analisis data uji praktikalitas terhadap guru diperoleh Momen Kappa sebesar 0,83 dan praktikalitas peserta didik sebesar 0,88 dengan kategori kepratisan sangat tinggi. Hasil data menunjukkan bahwa LKPD valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:40
Last Modified: 05 Apr 2021 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29203

Actions (login required)

View Item View Item