Pengaruh Model Pembelajaran MASTER Berbasis Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Zafirah, Afifah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran MASTER Berbasis Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AFIFAH_ZAFIRAH_16029097_656_2020.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik memiliki pemahaman konsep matematis yang baik. Namun, pemahaman konsep peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu menerapkan model pembelajaran MASTER berbasis mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa Pemahaman Konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran MASTER berbasis mind mapping lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik selama penerapan model pembelajaran MASTER berbasis mind mapping. Metode yang digunakan adalah quasy-experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Desain. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP tahun pelajaran 2019/2020. Kelas eksperimen yaitu XI MIA 2 dan kelas kontrol yaitu XI MIA 1 serta subjek untuk penelitian deskriptifyaitu kelas XI MIA 2. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis serta lembar observasi. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Sedangkan data hasil observasi dianalisis berdasarkan persentase aktivitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf nyata a= 0,05 diperoleh P-value = 0,031 dimana P-value<a maka tolak Ho. Artinya dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran MASTER berbasis mind mapping lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Aktivitas belajar belajar menggunakan model pembelajaran MASTER berbasis mind mapping menggalami peningkatan pada indikator A4 dan mengalami fluktuasi pada indikator Al, A2, A3, A5, dan A6..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:39
Last Modified: 05 Apr 2021 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29171

Actions (login required)

View Item View Item