Pengembangan Bahan Ajar Kimia SMA Berbasis Proses Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Multipel Representasi Kimia untuk Melatih Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Iryani, Iryani and Iswendi, Iswendi and Bayharti, Bayharti (2018) Pengembangan Bahan Ajar Kimia SMA Berbasis Proses Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Multipel Representasi Kimia untuk Melatih Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.

[img]
Preview
Text
1_427_lapakh_LaporanPenelitianProdukTerapan100-Iryani-FilePDF.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 Revisi 2016, menuntut perubahan dalam proses pembelajaran dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dan proses penilaian menjadi berbasis kemampuan melalui penilaian proses dan output, sehingga diperlukan perubahan dalam hal representasi materi dan proses pembelajaran. Untuk mengujudkan pembelajaran seperti tuntutan Kurikulum 2013 salah satu komponen penting yang harus tersedia adalah bahan ajar yang berorientasi proses saintifik yang dapat menfasilitasi terjadinya proses saintifik tersebut. Salah satu bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 adalah bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing dengan multiple representasi kimia. Persoalan yang dihadapi saat ini adalah belum tersedianya bahan ajar yang berorientasi proses seperti tuntutan Kurikulum 2013 tersebut dan belum mampunya sebagian besar pendidik dalam mengembangkan bahan ajar secara mandiri. Oleh sebab itu penelitian pengembangan bahan ajar yang berorientasikan model pembelajaran inkuiri terbimbing/guided-inquiry dan menerapkan multipel representasi kimia penting dilakukan, agar siswa dapat memahami kimia dalam tiga tingkatan (level) yaitu : level simbolis, makroskopik dan mikroskopik.. Dalam bahan ajar yang dikembangkan diberikan perhatian khusus pada penguasaan materi prasyarat (prior knowledge), Modul pembelajaran yang dikembangkan ini untuk selajutnya disebut Modul PembelajaranInkuiri TerbimbingMultipel representasi kimia (Modul Intermukim). Penelitian pengembangan dalam bentuk skim Penelitian Produk Terapan (PPT) ini menjadi sangat penting sebagai ikhtiar perguruan tinggi LPTK untuk membantu menyiapkan bahan ajar berorientasi proses (model) tertentu, yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian dan membantu mahasiswa kependidikan dalam menyelesaikan tugas akhir. Disamping itu mahasiswa dapat memperdalam wawasan dalam mengembangkan bahan ajar, sehingga lebih terlatih, untuk menerapkannya setelah mereka bekerja nanti. Diharapkan penelitian ini dapat membantu mengatasi kesulitan pemerintah, guru dan peserta didik untuk mendapatkan bahan ajar yang berorientasi proses, membantu mengujudkan cita-cita (konsep ideal) Kurikulum Nasional 2013 dan sebagai konstribusi Perguruan Tinggi dalam rangka menunjang pembangunan dan pengembangan IPTEKS-SOSBUD.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:41
Last Modified: 15 Dec 2020 05:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29067

Actions (login required)

View Item View Item