Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 padang

Maulia, Syahrin (2020) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SYAHRIN_MAULIA_16016124_2199_2020.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 224 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 61,46. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 71,76. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H_1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)=(n_1+ n_2)-2 karena thitung>ttabel, yaitu 4,17>1,70. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 61,46. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 71,76. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2020 06:06
Last Modified: 11 Dec 2020 06:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29052

Actions (login required)

View Item View Item