Bentuk Penyajian Tari Galombang pada Acara Pesta Perkawinan di Jorong Koto Kociak Nagari Tujuah Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Sinta, Rahma (2020) Bentuk Penyajian Tari Galombang pada Acara Pesta Perkawinan di Jorong Koto Kociak Nagari Tujuah Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RAHMA_SINTA_16023073_2390_2020.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan bentuk penyajian tari Galombang pada acara pesta perkawinan di Jorong Koto Kociak Nagari Tujuah Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Objek penelitian adalah Tari Galombang pada Acara Pesta Perkawinan di Jorong Koto Kociak Nagari Tujuah Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota dan difokuskan pada bentuk penyajiannya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tinjauan pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi yang membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa Tari Galombang ini dilakukan secara berkelompok, dengan penari 11 orang, yang ditampilkan di depan rumah mempelai wanita dengan durasi waktu delapan menit dan dilaksanakan pada siang hari setelah acara arak-arakan. Menariknya Tari Galombang di Jorong Koto Kociak, Nagari Tujuah Koto Talago ini dtarikan oleh penari yang sudah berusia 50 keatas (lansia). Adapun bentuk penyajian Tari Galombang pada Acara Pesta Perkawinan di Jorong Koto Kociak Nagari Tujuah Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota berbentuk representasional. Elemen-elemen dari bentuk penyajian tari ini sebagai berikut: (1) Gerak penghormatan, gerak pembuka, gerak maagiah kaba, gerak maimbau, gerak basuluah, gerak bagalanggang, dan gerak silang jentik. (2) Pola lantai Tari Galombang ini menggunakan pola lantai dua baris berbanjar kebelakang serta tiga orang pembawa carano. (3) Musik pengiring Tari Galombangt erdiri dari: bansi, gandang, talempong dan tamburin. (4) Properti Tari Galombang menggunakan carano. (5)Rias yang digunakan adalah rias cantik. Kostumpenari Tari Galombang menggunakan baju kuruang basiba, rok, selendang, tikuluak kompong serta asessoris seperti kalung. (6) Selain itu tempat pertunjukan tari Galombang ditampilkan di depan rumah mempelai wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:27
Last Modified: 07 Dec 2020 04:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29027

Actions (login required)

View Item View Item