Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasiskan Kemitraan Guru dan Orang Tua Murid dalam Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri Kota Padang

H a s r u l, H a s r u l and S e t i a w a t i, S e t i a w a t i (2018) Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasiskan Kemitraan Guru dan Orang Tua Murid dalam Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri Kota Padang. Project Report. Fakultas Ilmu Sosial UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_469_lapakh_LAPORANPENELITIANTAHUN1PNBP.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada tahun pertama dari dua tahun yang direncanakan ini, bertolak dari adanya gejala metode pembelajaran pembelajaran karakter yang ada tidak lagi efektif dalam penanaman karakter kepada peserta didik. Penelitian telah menemukan alternatif model pembelajaran pendidikan karakter, yaitu pendidikan karakter berbasiskan kemitraan guru dan orang tua dalam mata pelajaran PPKn di SMPN Kota Padang. Ruang lingkup temuan model meliputi, Rencana Pelaksanaan Pembalajaran pendidikan karakter berbasiskan kemitraan antara guru dengan orang tua siswa, standar operasional pembelajaran kemitraan dan instrumen evaluasi untuk mengukur keberhasilan kemitraaan. Manfaat penelitian ini ini diharapkan dapat memaksimalkan penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila kepada siswa. Penelitian ini mempergunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and development, R&D), yaitu sebuah pendekakatan untuk menentukan basis emperis guna menciptakan kreasi baru atau mengembangkan model yang dinilai lebih efektif. Penelitian ini dilakukan di sekolah sampel, yaitu SMPN yang berada dipusat Kota Padang dan SMPN yang berada di daerah pinggir kota Padang, yaitu SMPN 1 Padang, SMPN 14 Padang dan SMPN 28 Padang. Informan penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PPKn, guru Bimbingan Konseling, Pakar Pendidikan. Penelitian ini direncanakan selama 2 tahun anggaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:44
Last Modified: 07 Dec 2020 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29023

Actions (login required)

View Item View Item