Pelaksanaan Pembelajaran Pianika pada Pembelajaran Seni Budaya Menggunakan Whatsapp Grup di Kelas VII-1 SMP Negeri 40 Padang

Dyta, Axlvaridzi Chandra (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Pianika pada Pembelajaran Seni Budaya Menggunakan Whatsapp Grup di Kelas VII-1 SMP Negeri 40 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AXLVARIDZI_CHANDRA_DYTA_16023059_2136_2020.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana pembelajaran pianika menggunakan system daring di Kelas VII SMP Negeri 40 Padang yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada situasi mewabahnya Pandemi Covid 19. Teori yang digunakan untuk melihat pembelajaran adalah teori belajar dan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara identifikasi, klasifikasi, klarifikasi, analisis, eksplanasi, dan simpulan. Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 40 Padang tetap dijalankan namun dialihkan di rumah. Pembelajaran dilakukan secara online. Berkaitan dengan situasi dan kondisi belajar tersebut, guru merancang pembelajaran yang relative berbeda dengan pembelajaran tatap muka di kelas. Perencanaan yang dilakukan guru adalah menyiapkan perangkat pembelajaran dan dikirim ke siswa melalui WA, yaitu: pesan-pesan, materi pelajaran, kegatan yang dilakukan, dan kewajiban yang harus dipenuhi siswa. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah penegontrolan belajar siswa dengan cara meminta siswa untuk mengirimkan video latihan peniupan, penjarian, dan latihan lagu Bungo Parawitan yang dikirim berupa rekaman video. Hampir semua siswa membuat rekaman video dan mengirim sesuai waktu. Sebagian kecil tidak tepat waktu mengirimkan rekaman video. Evaluasi dan hambatan pembelajaran pianika secara daring. Hasil capaian belajar pianika kelas VII SMP Negeri 40 Padang adalah baik. Hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan terkait dengan persiapan, presentasi, latihan, dan penampilan hasil pembelajara sangat kurang memadai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:35
Last Modified: 25 Nov 2020 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28880

Actions (login required)

View Item View Item