Pengaruh Model Conceptual Understanding Procedures dengan Memperhatikan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Padang.

Afriyenni. ., Ikka (2020) Pengaruh Model Conceptual Understanding Procedures dengan Memperhatikan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IKKA_AFRIYENNI_18177005_2967_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan suatu ilmu sains yang mempunyai peranan penting dalam kualitas pendidikan serta memajukan daya pikir peserta didik untuk berfikir kritis, logis dan sistematis. Pentingnya pembelajaran maka proses pembelajaran biologi seharusnya menarik dan berpusat pada guru. Berdasarkan hasil analisis angket yang peneliti lakukan terhadap 70 orang peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Padang pada tanggal 13 september 2019 diketahui bahwa 76,64% guru menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. 52, 44% kurang aktifnya peserta didik dalam bertanya. 50, 33% kurangnya minat peserta didik dalam membaca referensi sebelum mengikuti pembelajaran. Kurangnya minat peserta didik dalam membaca referensi akan berdampak pada kurangnya pemahaman konsep peserta didik mengenai suatu materi yang akan dipelajari. Peneliti juga melihat nilai kompetensi pengetahuan peserta didik. Selain itu guru juga mengatakan bahwa model pembelajaran yang digunakan belum menekankan pada pemahaman konsep peserta didik. Upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran CUPs dengan memperhatikan kemampuan awal terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas X di SMAN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan rancangan penelitian factorial design 2 x 2 untuk pengetetahuan dan The Static Group Comparison untuk sikap dan keterampilan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x SMAN 2 Padang. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIP A 1 sebagai kelas kontrol dan X MIP A 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pada penelitian ini berupa tes hasil belajar untuk kompetensi ranah pengetahuan dan non tes untuk kompetensi ranah sikap dan keterampilan. Analisis data yang digunakan yaitu uji Annova dua arah untuk ranah pengetahuan dan uji U untuk ranah sikap dan keterampilan. Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CUPs dengan memperhatikan kemampuan awal terhadap kompetensi belajar peserta didik. Nilai rata-rata kemampuan awal tinggi pada kelas eksperimen yaitu 84, 56 sedangkan nilai kemampuan awal rendah yaitu 63, 83. Nilai rata-rata kemampan awal tinggi di kelas kontrol yaitu 81, 17 dan kemampuan awal rendah yaitu 63, 78. Hasil analisis data juga membuktikan bahwa tidak terdapatnya interaksi yang signifikan antara model dengan kemampuan awal terhadap kompetensi. Nilai rata-rata kompetensi ranah sikap pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu 85, 72 untuk kelas eksperimen dan 82, 83 untuk kelas kontrol. Nilai rata-rata kompetensi ranah keterampilan pada kelas eksperimen lebih tinggi di banding kelas kontrol yaitu 86, 38 untuk kelas eksperimen dan 83, 86 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model CUPs berpengaruh signifikan terhadap kompetensi belajar peserta didik yang berkemampuan awal tinggi maupun yang berkemampuan awal rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:27
Last Modified: 10 Nov 2020 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28762

Actions (login required)

View Item View Item