Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology and Society dengan Memperhatikan Kemampuan Akademik terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Padang.

Suzerli, Toeenfi Febrian (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology and Society dengan Memperhatikan Kemampuan Akademik terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_TOEENFI_FEBRIAN S._18177033_2965_2020.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan pada SMAN 2 Padang yaitu diketahui guru belum mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik sulit untuk mengaitkan konsep sains dengan kehidupannya. Hasil studi pendahuluan diketahui bahwa selama pembelajaran guru secara umum menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi, aktifnya peserta didik dalam pembelajaran masih rendah dan guru belum mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya hasil literasi sains dalam proses pembelajaran berkaitan dengan proses pembelajaran sains di sekolah. Upaya mengatasi permasalahan tersebut antara lain menerapkan model pembelajaran STS dengan memperhatikan kemampuan akademik terhadap literasi sains peserta didik kelas XI SMAN 2 Padang. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian factorial design 2 x 2 dimana dibedakan kelompok peserta didik berkemampuan akademik tinggi dan rendah pada kelas sampel. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan penilaian. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur kemampuan akademik terhadap literasi sains peserta didik. Analisis data yang digunakan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai literasi sains dengan pembelajaran model STS. Hasil uji anova diperoleh nilai Sig 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan signifikan antara nilai literasi sains peserta didik yang berkemampuan akademik tinggi dan peserta didik yang berkemampuan akademik rendah dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Nov 2020 05:00
Last Modified: 09 Nov 2020 05:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28751

Actions (login required)

View Item View Item