Persepsi Guru Biologi SMA dan MAN tentang Kesiapannya dalam Menghadapi Pembelajaran di Era Revolusi lndustri 4.0 pada Aspek 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration) Di Kabupaten Tanah Datar.

Kasih, Indri (2020) Persepsi Guru Biologi SMA dan MAN tentang Kesiapannya dalam Menghadapi Pembelajaran di Era Revolusi lndustri 4.0 pada Aspek 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration) Di Kabupaten Tanah Datar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_INDRI_KASIH_18177007_3032_2020.pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Guru saat tidak hanya dihadapkan dengan rendahnya mutu pendidikan, namun juga dihadapkan dengan era revolusi industri 4.0. Sistem pendidikan nasional dalam era revolusi industri 4.0 menghadapi tantangan yang sangat kompleks bagi guru. Guru di era revolusi industri 4.0 hams mampu mengembangkan kompetensi abad 21 yang dimilikinya baik dari segi pendidikan karakter, ICT, literasi maupun keterampilan 4C yang meliputi, keterampilan berpikir kritis ( Critical Thinking), keterampilan berpikir kreatif ( Creativiy), keterampilan komunikasi (Communication), dan keterampilan kolaborasi (Collaboration). Guru di era industri 4.0 hams menyiapkan peserta didik untuk menguasai keilmuan, berketerampilan metakognitif, mampu berpikir kritis dan kreatif, serta bisa berkomunikasi dan berkolaborasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru biologi SMA dan MAN dalam menghadapi pembelajaran di era revolusi industri 4.0 pada aspek 4C (critical thinking, creativity, communication, dan collaboration) di Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik Total Sampling yaitu 32 orang guru Biologi SMA dan 9 orang guru Biologi MAN di Kabupaten Tanah Datar. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis dan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data kesiapan guru dalam menghadapi pembelajaran di era revolusi industri 4.0 untuk guru SMA pada aspek critical thinking mendapat nilai 84,61%, aspek creativity mendapat nilai 83,63%, aspek communication mendapat nilai 84,81%, dan aspek collaboration mendapat nilai 85,67%. Sementara pada guru MAN aspek critical thinking mendapat nilai 85,29%, aspek creativity mendapat nilai 82,36%, aspek communication mendapat nilai 85,06%, dan aspek collaboration mendapat nilai 89,06%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Nov 2020 05:00
Last Modified: 09 Nov 2020 05:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28745

Actions (login required)

View Item View Item