Studi Literatur Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Sepak Bola Verbal terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik.

Restia, Vivien (2020) Studi Literatur Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Sepak Bola Verbal terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3 _VIVIEN_RESTIA_16031034_2545_2020.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian yang ditemukan di SMAN 1 Kayu Tanam adalah proses pembelajaran biologi yang berlangsung masih berpusat pada guru sehingga peserta didik cenderung bersifat pasif dalam kegiatan pembelajaran, serta kurangnya strategi dalam pembelajaran terkesan kurang menarik dan membuat peserta didik merasa bosan. Dampaknya adalah rendahnya kompetensi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal terhadap kompetensi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan melakukan studi literatur. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh artikel publikasi ilmiah berupa jumal berskala nasional di Indonesia pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas. Sampel penelitian ini diperoleh dengan purposive sampling dimana artikel yang diambil adalah artikel publikasi ilmiah tentang penerapan startegi pembelajaran aktif sepak bola verbal dengan menggunakan beberapa kategori. Hasil penelitian yang diperoleh dari beberapa artikel yang dijadikan sumber literatur menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif sepak bola verbal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi belajar peserta didik, baik itu kompetensi sikap, dan kompetensi pengetahuan. Selain itu, keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran juga meningkat karena proses belajar yang penuh semangat dan menyenangkan membuat suasana belajar menjadi lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:41
Last Modified: 05 Nov 2020 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28722

Actions (login required)

View Item View Item