Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik.

Ramasari, Restuti Yesri (2020) Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RESTUTI_YESRI_16031024_2603_2020.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti mengenai kompetensi sikap peserta didik yang paling rendah terlihat pada aspek sikap kerja sama dan keaktifan, motivasi belajar peserta didik juga masih rendah. Diperlukan model pembelajaran kooperatif yang dapat memberikan semangat pada peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga kompetensi pengetahuannya juga akan meningkat. Adapun model yang sesuai dengan permasalahan ini yakni model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray karena pada prinsipnya model ini menekankan kerja sama, keaktifan, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah serta saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi. Selain itu, model ini diharapkan juga mampu meningkatkan kompetensi keterampilan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kompetensi belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif Penelitian ini menggunakan metode penelitian Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan dan mengkaji beberapa jurnal ilmiah yang valid dan relevan dengan penelitian peneliti yaitu tentang model pembelajaran kooperatiftipe Two Stay Two Stray (minimal 5 jurnal terindeks SINTA 4). Berdasarkan hasil review yang telah dilakukan terhadap artikel-artikel yang relevan dengan penelitian peneliti, diketahui bahwasanya model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray memberikan pengaruh yang positif terhadap kompetensi belajar peserta didik, baik kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap serta kompetensi keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:06
Last Modified: 04 Nov 2020 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28710

Actions (login required)

View Item View Item