Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sistem Pencernaan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA.

Anazalia, Mayang (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sistem Pencernaan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MAYANG_ANAZALIA_16031101_2604_2020.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah suatu kemampuan berpikir yang meliputi menganalisis, mengevaluasi dan mencipta sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 yang awalnya berpusat pada guru (teacher centered) berubah menjadi berpusat pada siswa (student centered). Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di SMAN 2 Koto XI Tarusan diperoleh bahwasanya instrumen yang digunakan oleh guru masih berada pada tingkat kognitif C1-C3 dengan persentase C1 sebesar 56%, C2 sebesar 40%, dan C3 sebesar 4%, sedangkan untuk tuntutan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa harus mampu berpikir pada tingkat kognitif C4-C6. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem pencemaan yang valid, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang dan daya pembeda yang baik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni 4-D models. Model ini terdiri atas empat tahapan yaitu (define), (design), (develop) dan (disseminate) namun, pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan develop disebabkan karena mengalami kendala dan waktu dan keuangan. Objek penelitian adalah instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem pencemaan untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Subjek penelitian adalah 30 orang peserta didik SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Hasil uji validitas secara logis menunjukkan bahwa soal cukup valid dengan nilai rata-rata sebesar 78,82%. Secara empiris didapatkan praktikalitas soal 93,75% dengan kriteria sangat praktis, dan kulitas item (Reliabilitas soal 0,92% dengan kriteria reliabel, tingkat kesukaran soal berkisar 0,3 sampai 0, 7 dengan kriteria sedang, dan soal memliki daya pembeda cukup, baik dan baik sekali). Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem pencemaan yang valid, praktis,reliabel, tingkat kesukaran sedang, dan daya pembeda yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:30
Last Modified: 04 Nov 2020 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28705

Actions (login required)

View Item View Item