Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Metabolisme untuk Peserta Didik Kelas XII SMA/MA.

Dewi, Ariska Triana (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Metabolisme untuk Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ARISKA_TRIANA_DEWI_16031082_2547_2020.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Hasil uji coba instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada beberapa SMA di Sumatera Barat mendapatkan nilai rata-rata pada rentang 17,88-35,19 tergolong masih rendah. Salah satu cara untuk dapat mengatasi rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik adalah dengan mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi metabolisme yang valid secara logis, dan empiris, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan kualitas option yang baik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D models yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP dan satu orang guru SMAN 1 2xl 1 Enam Lingkung, serta 27 orang peserta didik kelas XII SMAN 1 2xl 1 Enam Lingkung. Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas dan uji praktikalitas. Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi yang telah dilakukan mendapatkan nilai validasi logis dengan rata-rata persentase 84,90% kriteria valid, validitas empiris dengan korelasi antara 0,27-0,54 dengan kriteria valid. Memiliki praktikalitas dengan rata-rata persentase 86,64% kriteria praktis, reliabilitas 0,83 dengan kategori tinggi. Hasil analisis data validitas empiris didapatkan 35 soal yang valid dari 50 soal dengan tingkat kesukaran sedang dengan indeks 0,26-0,67, daya pembeda 59,44 dengan kategori baik dan kualitas option 52% dengan kriteria baik.. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi metabolisme yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan kualitas option yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:32
Last Modified: 02 Nov 2020 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28683

Actions (login required)

View Item View Item