Dasril, Dasril (2019) PengembanganPanduanTeknisPelaksanaanLayanan BimbinganKelompok(StudipadaSMPNegeriKotaPadangPanjang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
8_A_DASRIL_1204377_6041_2019.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Bimbingan Kelompok(BKp)kepadasiswaasuhnya.LayananBKpdapat dilaksanakandidalamdandiluarjampembelajaranklasikal.IdealnyaGuruBK atau KonselormembagisiswaasuhnyadalamkelompokBKpdiawalsemester danmelaksanakanBKpminimalsatukaliperkelompokpersemester.Realitasnya realisasilayananBKprendahdibandingkanlayanankonselinglainnya. PenelitianinibertujuanmenyusunbukuPanduanTeknisPelaksanaanLayanan BKpdenganvaliditas,praktikalitasdanefektifitasyangtinggidalam meningkatkankinerjaGuruBKatauKonselormelaksanakanlayanan BKp.MetodepenelitianyangdigunakanadalahR&D(Researchand Development)denganmengikutilangkahpengembanganpolaADDIE(Analize, Design,Development,Implementation,Evaluation).Padapenelitianiniyang dikembangkanadalahbukuPanduanTeknisPelaksanaanLayananBKpuntuk meningkatkankinerjaGuruBKatauKonselor.Subjekpenelitianadalah12 orangGuruBKatauKonselorSMPKotaPadangPanjang.Dataawal dikumpulkansebagaibahanpertimbangandalammenyusundrafawalproduk penelitian.InstrumenpengumpuldatayaituAUMUmum,angketmodelskala LikerttentangpemahamandankemampuanpenerapanGuruBKatauKonselor dalammelaksanakanBKp,sertapedomanwawancara.Datakualitatifdandata kuantitatifdianalisisuntukmelihatvaliditas,praktikalitasdanefektifitasproduk yangdikembangkandalampenelitian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabuku PanduanTeknisPelaksanaanLayananBKpuntukMeningkatkanKinerjaGuru BKatauKonseloryangdisusundalampenelitianinidinyatakanvalid,praktis dancukupefektifuntukmeningkatkankinerjaGuruBKatauKonselordalam melaksanakanlayananBKp.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 00:26 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 00:26 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28666 |
Actions (login required)
View Item |