PengembanganPanduanTeknisPelaksanaanLayanan BimbinganKelompok(StudipadaSMPNegeriKotaPadangPanjang).

Dasril, Dasril (2019) PengembanganPanduanTeknisPelaksanaanLayanan BimbinganKelompok(StudipadaSMPNegeriKotaPadangPanjang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
8_A_DASRIL_1204377_6041_2019.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Bimbingan Kelompok(BKp)kepadasiswaasuhnya.LayananBKpdapat dilaksanakandidalamdandiluarjampembelajaranklasikal.IdealnyaGuruBK atau KonselormembagisiswaasuhnyadalamkelompokBKpdiawalsemester danmelaksanakanBKpminimalsatukaliperkelompokpersemester.Realitasnya realisasilayananBKprendahdibandingkanlayanankonselinglainnya. PenelitianinibertujuanmenyusunbukuPanduanTeknisPelaksanaanLayanan BKpdenganvaliditas,praktikalitasdanefektifitasyangtinggidalam meningkatkankinerjaGuruBKatauKonselormelaksanakanlayanan BKp.MetodepenelitianyangdigunakanadalahR&D(Researchand Development)denganmengikutilangkahpengembanganpolaADDIE(Analize, Design,Development,Implementation,Evaluation).Padapenelitianiniyang dikembangkanadalahbukuPanduanTeknisPelaksanaanLayananBKpuntuk meningkatkankinerjaGuruBKatauKonselor.Subjekpenelitianadalah12 orangGuruBKatauKonselorSMPKotaPadangPanjang.Dataawal dikumpulkansebagaibahanpertimbangandalammenyusundrafawalproduk penelitian.InstrumenpengumpuldatayaituAUMUmum,angketmodelskala LikerttentangpemahamandankemampuanpenerapanGuruBKatauKonselor dalammelaksanakanBKp,sertapedomanwawancara.Datakualitatifdandata kuantitatifdianalisisuntukmelihatvaliditas,praktikalitasdanefektifitasproduk yangdikembangkandalampenelitian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabuku PanduanTeknisPelaksanaanLayananBKpuntukMeningkatkanKinerjaGuru BKatauKonseloryangdisusundalampenelitianinidinyatakanvalid,praktis dancukupefektifuntukmeningkatkankinerjaGuruBKatauKonselordalam melaksanakanlayananBKp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Oct 2020 00:26
Last Modified: 27 Oct 2020 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28666

Actions (login required)

View Item View Item