Faktor-faktor yang MempengaruhiPerilaku Belajar dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Febrina, Silva (2020) Faktor-faktor yang MempengaruhiPerilaku Belajar dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SILVA_FEBRINA_16006038_2861_2020.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Perilaku belajar adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh siswa dalam mengikuti proses belajar. Perilaku belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya siswa yang memiliki perilaku belajar yang baik (positif) dan perilaku belajar yang kurang baik (negatif). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku positif dan perilaku negatif siswa dalam belajar. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian yaitu siswa SMA N 5 Padang sebanyak 1.025 orang siswa, dan sampel penelitian sebanyak 273 orang siswa yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku belajar model Skala Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Temuan penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan (1) faktor internal yang mempengaruhi perilaku belajar yaitu aspek fisiologis berada pada kategori tinggi (49,8%), dan aspek psikologis berada pada kategori tinggi (48,7%), (2) faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku belajar yaitu lingkungan sosial berada pada kategori tinggi (68,1%), dan lingkungan nonsosial berada pada kategori tinggi (63,4%). Artinya, baik faktor internal maupun faktor eksternal tidak memberikan pengaruh negatif terhadap perilaku positif siswa dalam belajar, dan tidak memberikan pengaruh positif terhadap perilaku negatif siswa dalam belajar. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK untuk dapat merancang program layanan Bimbingan dan Konseling melalui layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok kepada siswa, agar dapat mempertahankan perilaku yang sudah baik (positif), dan membantu mengatasi perilaku belajar yang kurang baik (negatif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Oct 2020 15:28
Last Modified: 21 Oct 2020 15:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28569

Actions (login required)

View Item View Item