Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Komputer pada Pembelajaran TIK di Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang.

Putri, Dea Ananda (2020) Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Komputer pada Pembelajaran TIK di Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_3_DEA_ANANDA_PUTRI_16004007_2091_2020.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Tidak semua teori mudah dipahami dengan dijelaskan saja, akan tetapi perlu dilakukan praktik supaya siswa mudah memahami teori. Laboratorium komputer merupakan sarana pendidikan yang penting dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Seberapa efektif pemanfaatan laboratorium komputer pada Pembelajaran TIK di Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan laboratorium komputer pada pembelajaran TIK di kelas VIII SMP Negeri 4 Padang dan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang dengan sampel sejumlah 121 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pemanfaatan laboratorium komputer pada pembelajaran TIK di kelas VIII SMP Negeri 4 Padang sudah sangat efektif dimanfaatkan dengan persentase yang diperoleh sebesar 84%. Indikator efektivitas pemanfaatan laboratorium komputer terdiri dari: (1) indikator input dikelompokkan dalam kategori sangat efektif dengan persentase 86%, (2) indikator proses 85% berada pada kategori sangat efektif dan (3) indikator output dengan kategori efektif sebesar 75%. Indikator input terdiri dari aktivitas di laboratotium (86%) kategori sangat efektif dan fasilitas laboratorium sebesar 85% kategori sangat efektif. Indikator proses terdiri dari prosedur menggunakan sarana laboratorium sangat efektif dengan persentase 87% dan waktu penggunaan (79%) kategori efektif. Sedangkan indikator output berupa pemanfaatan laboratorium komputer efektif sebagai sarana dan sumber belajar ditunjukkan dengan persentase sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 21 Oct 2020 15:20
Last Modified: 21 Oct 2020 15:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28567

Actions (login required)

View Item View Item