Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung.

Fitriani, Rizza (2020) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIZZA_FITRIANI_16031027_ 2489_2020.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran diSMPN 1 Lubuk Alung lebih cenderung menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instructional). Peserta didik hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru sehingga menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan cenderung malas berpikir secara mandiri. Hal tersebut membuat kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah. Terbukti dari hasil pengisian kuesioner oleh peserta didik yang mengacu pada indikator berpikir kritis diperoleh hasil bahwa masih banyak indikator yang belum tercapai. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model Discovery Learning. Model Discovery Learning menekankan pada proses berpikir kritis dan memberikan kesempatan kepada peserta didik terlibat aktif dalam proses pengembangan pengetahuan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengumpulan berdasarkan pertimbangan tertentu. Sehingga didapatkan kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian untuk mendapatkan data kemampuan berpikir kritis adalah lembar soal dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen yaitu 67,38 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontro1, yaitu 61,8 8. Analisis data didapatkan data terdistribusi normal dan varians homogen sehingga hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menggunakan uji t didapatkan thitung>tabeI yaitu 1,89>1,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2020 02:11
Last Modified: 14 Oct 2020 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28483

Actions (login required)

View Item View Item