Studi Literatur Tentang Kelengkapan Sarana dan Prasarana serta Kendala Pelaksanaan Praktikum dalam Proses Pembelajaran Biologi di Laboratorium SMA.

Putri, Cintia Ardila (2020) Studi Literatur Tentang Kelengkapan Sarana dan Prasarana serta Kendala Pelaksanaan Praktikum dalam Proses Pembelajaran Biologi di Laboratorium SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_CINTIA_ARDILA_PUTRI_16031085_2602_2020.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji makhluk hidup, lingkungan dan hubungan antara keduanya. Pembelajaran biologi disertakan dengan kegiatan praktikum akan membuat peserta didik lebih paham dengan materi pembelajaran, karena praktikum menggunakan langkah-langkah ilmiah yang mengharuskan peserta didik melakukan kegiatan secara langsung dan melaksanakan sendiri penerapan teori yang dipelajari. Pelaksanaan kegiatan praktikum harus didukung dengan sarana dan prasarana laboratorium yang memenuhi standar minimal yang diatur dalam Permendiknas No. 27 Tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap kelengkapan sarana dan prasarana serta kendala pelaksanaan praktikum dalam proses pembelajaran biologi di laboratorium melalui analisis 5 jurnal yang telah terindeks minimal SINTA 4. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui studi literatur dengan populasi 5 jurnal terindeks minimal SINT A 4 terkait kelengkapan sarana dan prasarana serta kendala pelaksanaan praktikum dalam proses pembelajaran biologi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu 5 jurnal minimal terindeks SINTA 4. Berdasarkan hasil analisis jurnal penelitian yang dilakukan terkait dengan judul penelitian, diketahui bahwa analisis data kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium biologi dari 5 jurnal menunjukkan dua penelitian kriteria kurang baik dan tiga penelitian lainnya dengan kriteria cukup baik. Rata-rata kriteria kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium dari 5 jurnal adalah cukup baik. Hasil analisis data penelitian juga menunjukkan kendala pelaksanaan praktikum yang paling mendasar adalah waktu pelaksanaan praktikum dan keterbatasan alat dan bahan praktikum yang tersedia di laboratorium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Oct 2020 06:53
Last Modified: 13 Oct 2020 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28481

Actions (login required)

View Item View Item