Pengembangan Booklet Sistem Peredaran Darah Manusia sebagai Bahan Ajar Mandiri IPA Kelas VIII SMP.

Ramadhani, Yulia (2020) Pengembangan Booklet Sistem Peredaran Darah Manusia sebagai Bahan Ajar Mandiri IPA Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ YULIA_RAMADHANI_16031044_2249_ 2020.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu unsur yang penting untuk mengembangkan pengetahuan dan membentuk karakter seseorang. Kualitas pendidikan bisa ditingkatkan dengan memperhatikan kurikulum dan media pembelajaran yang digunakan. Buku paket IPA berbasis kurikulum 2013 dan Lembar Kerja Siswa adalah sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik untuk mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam di kelas VIII SMPN 11 Padang. Ketersediaan sumber belajar di sekolah masih kurang sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam belajar IPA, selain kurangnya ketersediaan sumber belajar, faktor lain yang menyebabkan motivasi peserta didik rendah juga dikarenakan buku paket yang digunakan tebal dan susah untuk dibawa kemana-mana. Berdasarkan kelemahan yang ditemukan, booklet dikembangkan sebagai tambahan sumber belajar mandiri IPA kelas VIII SMP. Pengembangan media booklet dibuat semenarik mungkin supaya peserta didik termotivasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal (preliminary research), pengembangan dan pembuatan prototipe ( development and prototyping phase), dan penilaian (assessment phase). Data analisis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif Tahap pengembangan booklet divalidasi oleh 2 validator. Tahap penilaian menggunakan evaluasi perorangan (one to one evaluation) oleh 3 orang peserta didik kelas VIII SMPN 11 Padang dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian diperoleh nilai validitas (expert review) dengan rata-rata 87,62% dengan kriteria sangat valid dan hasil evaluasi perorangan (one to one evaluation) didapatkan bahwa booklet yang dikembangkan memiliki tampilan yang menarik dan bahasa yang mudah dipahami, sehingga peserta didik tertarik untuk menggunakan booklet dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa booklet sistem peredaran darah manusia sebagai bahan ajar mandiri IPA yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Oct 2020 06:53
Last Modified: 13 Oct 2020 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28479

Actions (login required)

View Item View Item