Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Diklat Teknik Pemesinan Bubut Di Workshop Smk Negeri 2 Solok

Putra, Aditia Olanta (2019) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Diklat Teknik Pemesinan Bubut Di Workshop Smk Negeri 2 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_ADITIA_OLANTA_PUTRA_15067079_5344_2019.pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan pada saat Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 2 Solok penulis mengamati saat melakukan kegiatan mengajar dalam mata diklat teknik permesinan bubut, penulis menemukan kurangnya motivasi belajar siswa tersebut. Tergambar pada suasana kelas yang kurang hidup karena siswa menjadi pasif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diberikan guru. Hal ini menyebabkan siswa bosan dan malas belajar. Kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran ini terlihat kurangnyasemangat dan keseriusan waktu bekerja atau praktek. Di sini siswa nampak kurang disiplin dan tidak bertanggung jawab saat melakukan praktek, banyak di antara siswa yang hanya duduk dan bermain-main. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi, populasi 25 siswa di kelas XI TPMl sebagai uji coba angket, dan 22 siswa di kelas XI TPM2 sebagai sampel. Penelitian data dilakukan melalui angket . Analisis data uji normalitas, uji linieritas, uji regresi, analisis korelasi sederhana, uji signifikansi dan uji t, .Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat teknik peemesinan bubut di workshop SMK Negeri 2 Kota Solok. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis yang diuji dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian dapat dijabarkan sebagai berikut: Motivasi belajar siswa memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 26% dengan nilai positif. Dan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa berhubungan signifikan dengan hasil belajar siswa kelas XI TPM pada mata diklat teknik pemesinan bubut di SMK Negeri 2 Kota Solok. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan dapat bahwa motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 27% terhadap hasil belajar siswa. Hal ini bisa saja terjadi karena penelitian dilakukan pada sampel dan tempat yang berbeda. Selain itu, yang mempengaruhi hasil belajar juga tidak hanya motivasi tetapi masih banyak faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:45
Last Modified: 09 Oct 2020 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28451

Actions (login required)

View Item View Item